Senin, 08 Februari 2010

PERAN PENTING OLAHRAGA PADA SEKOLAH

Kegiatan olahraga disekolah memiliki peran penting, Karena dengan berolahraga mampu membentuk karakter dan menguatkan otot, serta menyelaraskan koordinasi fungsi bagian-bagian tubuh. Aktivitas olahraga juga akan membuat tubuh bugar serta membangun ketahanan fisik. Pada giliranya, badan yang bugar, ketahanan fisik yang prima, otot yang kuat, dan koordinasi yang baik antar anggota tubuh akan mampu mempengaruhi secara positif  mental dan perilaku siswa.
Melalui kegiatan olahraga, siswa diajarkan nilai-nilai sportivitas yang mampu mendorong siswa untuk mematuhi peraturan, memperoleh kemenangan dengan kerendahan hati dan menerima kekalahan dengan lapang dada. Dalam olahraga dilatih untuk menghormati lawan, wasit dan diri kita sendiri, sebagaimana juga menghormati penonton. Olahraga menyediakan banyak pengalaman yang mampu membangkitkan emosi, melatih untuk menghadapi  tekanan, mengambil inisiatif serat saling mendukung dan setia. Olahraga mendorong untuk mencapai performa terbaik dan berani dalam pengertian keberanian fisik dan juga keberanian moral. Karena itu olahraga  adalah pendidikan untuk menjalani kehidupan yang didukung masyarakat dan membangun stamina, dan  diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Melalui kegiatan olahraga semua pihak yang terkait dapat saling menjalin pengertian dan dialog  maka olahraga merupakan sarana yang baik untuk menumbuhkan atlet berbakat yang dapat meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani, memupuk rasa persatuan , persahabatan dan persaudaraan di kalangan pelajar dari berbagai kabupaten atau kota se Jawa Timur.
Di sisi lain olahraga dapat di jadikan sebagai alat untuk saling mengenal dan tukar-menukar kebudayaan sehingga mampu menambah wawasan kepada semua pihak yang berperan didalamnya.

Tidak ada komentar: